Tips menjelang ramadhan | Bagaimana agar puasa kita sehat?

Puasa merupakan kewajiban umat muslim dengan tujuan untuk membentuk manusia bertaqwa. Banyak hikmah yang bisa diambil dari puasa Ramadhan, diantaranya adalah puasa itu menyehatkan. Untuk mendapatkannya; selain harus memenuhi syarat ibadah puasa, maka puasa yang kita lakukan juga harus puasa yang sehat. Berikut ini adalah tips agar puasa kita sehat:
  1. Senang hati menyambut Ramadhan ternyata sangat berpengaruh pada kualitas berpuasa. Dengan hati senang epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat menghadapi puasa. Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita sangat senang menghadapi puasa. Lambung, usus, ginjal, liver, kulit adalah 5 organ yang paling senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya.
  2. Agar mampu menahan lapar, ketika sahur perbanyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang terdapat dalam sayuran bening dan buah. Salah satu yang terbaik adalah sayur bayam dan apel malang. Rutinkan setiap sahur dengan minum air madu agar puasa Anda kuat dan bersemangat.
  3. Mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Eit, jangan langsung makan berat ya, sholat dulu.
  4. Hindari berbuka dengan minuman dingin atau es, karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal.
  5. Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.
  6. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).
  7. Pada malam hari usahakan juga untuk banyak minum air putih atau air madu untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi.
  8. Jangan Tinggalkan Olahraga
    Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran.
Semoga tips ini bermanfaat…
Refer : http://www.kliniksehat.com/artikel/tips-puasa-ala-klinik-sehat.html

Anda juga membaca ...:

Komentar Pembaca

Tidak ada komentar

Posting Komentar